Minggu, 11 Oktober 2015

Belajar Excel

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2013 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2013. (sumber : wikipedia)
Ketika kita membuat Excel 2013, maka tampilannya adalah sebagai berikut

Tampilan Excel
terlihat pada gambar di atas, ada 5 wilayah penting di layar.
1. Quick Access Toolbar: Ini adalah tempat di mana semua alat penting dapat ditempatkan. Ketika kita mulai Excel untuk pertama kalinya, hanya memiliki 3 ikon (Simpan, Undo, Redo). Tapi kita bisa menambahkan fitur salah satu Excel untuk ke Quick Access Toolbar sehingga kita dapat dengan mudah mengaksesnya dari mana saja.
2. Ribbon: Ribbon seperti menu yang diperluas. Ini menggambarkan semua fitur Excel di mudah untuk memahami bentuk. Sejak Excel memiliki 1000an fitur, mereka dikelompokkan dalam beberapa pita. Pita yang paling penting adalah – Home, Insert, Formula, Page Layout & Data.
3. Formula Bar: Ini adalah tempat untuk segala perhitungan atau rumus yang kita tulis akan muncul. melalui menu ini juga, kita juga bisa mendapatkan bantuan dalam pembuatan Rumus.
4. Spreadsheet Grid: ini adalah di mana semua nomor, data, grafik & gambar akan muncul. Setiap file Excel dapat berisi beberapa lembar yang dikenal dengan istilah “sheet”. Dan grid spreadsheet menunjukkan beberapa baris & kolom spreadsheet aktif. Untuk melihat lebih baris atau kolom kita dapat menggunakan scroll bar ke kiri atau di bagian bawah. Jika kita ingin mengakses lembar lainnya, klik pada nama sheet (atau gunakan shortcut CTRL + Page Up atau CTRL + Page Down).
5. Status bar: Ini memberitahu kita apa yang terjadi dengan Excel setiap saat. Anda dapat mengetahui apakah Excel sedang menghitung formula, membuat laporan poros atau merekam makro dengan hanya melihat status bar. Status bar juga menunjukkan ringkasan cepat dari sel yang dipilih (menghitung, jumlah, rata-rata, minimum atau nilai maksimum). Kita dapat mengubah ini dengan mengklik kanan di atasnya dan memilih mana ringkasan untuk ditampilkan.

sumber : carafitri.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar